Header Ads Widget

MTS-MA Darul Falah Dulolong Melaksanakan Pesantren Ramadhan 1444 H Di Masjid Darul Arqam Buvaita Dulolong

 

MTS-MA Darul Falah Dulolong Melaksanakan Pesantren Ramadhan 1444 H Di Masjid Darul Aqam Buvaita Dulolong 

Gambar I Kepala MA memberikan sambutan pada acara pembukaan 

Dulolong, 27 Maret 2023, MTs- MA Darul Falah Dulolong  melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H di Masjid Darul Arqam Buvaita Dulolong. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Siswa-Siswi MTs-MA Darul Falah Dulolong selama 1 Minggu, terhitung mulai  tanggal 27 Maret hingga 01 April 2023 mendatang. Waktu Kegiatan ini dimulai dari pukul 07 : 30  sampai dengan 12 : 15.  Beberapa kegiatan dalam pesantren tersebut seperti materi dari guru pendamping mengenai ibadah praktis seperti thaharah, sholat , baca  Al-qur’an, konsep dasar kislaman dan setoran hafalan, dan materi dasar-dasar keislaman.

Dalam kesempatan tersebut, Bpk Dahlan A. Anwar S.Pd ( Kepala Sekolah MA Darul Falah Dulolong) menyampaikan bahwa "dengan kegiatan tersebut siswa mampu mengambil informasi atau hikma dari tujuan pesantren demi menigkatkan dan membentuk karakter keislaman"  ungkap Kepala MA Darul Falah Dulolong. 

Pada kegiatan hari pertama ini (Senin, Maret 2023) para siswa dan siswi Mts/MA begitu antusias dan semangat dalam mendengarkan materi-materi yang disampaikan oleh guru pedamping dan/atau para pemateri. Materi yang di sampaikan adalah materi tentang pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang ajaran-ajaran ilmu agama Islam, sehingga pengetahuan mereka tentang ibadah, baik ibadah mahdah (khusus) maupun ibadah gharul mahdah (umum) meningkat dan mampu di terapkan dalam kehidupan sebagai pribadi berkarakter islami.

Gambar II Ustad Munir Eta, S.Sos, saat menyampaikan materi tentang pengantar umum pesantren Ramadhan 

Bapak Muhlis Bara, selaku pembina, menyampaikan bahwa setiap siswa wajib mengikuti kegiatan ini sebagai pengganti  dari kegiatan belajar mengajar di kelas (KBM) selama 1 Minggu kedepan.  Selain itu Setiap siswa juga harus patuh terhadap tata tertib sekolah dan mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Kegiatan tersebut pada hakikatnya diharapkan mampu memotivasi siswa-siswi MTs-MA agar selalu meningkatkan pehaman dalam beribadah dengan baik dan benar serta mampu meningkatkan kedisiplinan siswa agar taat dalam melaksanakan sholat dan ibadah-ibadah lainya sesuai dengan tuntunan syariah. Tandas Muhlis bara

 

( Penulis dan Foto : Humas AL-Hikmah )

( Editor : Cahyono Gorang, S.Kom )

 


Posting Komentar

0 Komentar