Header Ads Widget

Pemilihan Ketua OSIM MA dan MTs Darul Falah Dulolong


Pemilihan Ketua OSIM MA dan MTs Darul Falah Dulolong

Kepala Madrasah MTs Dulolong
Kepala Madrasah MTs Darul Falah Dulolong



















 

Sabtu, 21 Januari 2023 (08: 17 Pagi)

MA-MTs Darul Falah Dulolong, Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MA-MTs Darul Falah Dulolong menyelenggarakan pemilihan Umum Ketua OSIM  periode 2022/2023. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (21, 01 2023) ini menganut sistem dari siswa, oleh siswa, untuk siswa. Prinsip demokrasi ini diterapkan dalam pemilihan ketua OSIM yang diharapkan memberikan pelajaran untuk menggunakan hak yang dimiliki secara bertanggung jawab.

Organisasi Siswa Intra Madrasah atau biasa disebut OSIM merupakan salah wadah berkegiatan peserta didik serupa lembaga eksekutif dalam sebuah Organisasi. Pemilihan ketua OSIM selalu semarak, selayaknya pemilihan kepala desa. Sebuah pesta demokrasi yang selalu dinanti.

Hal yang sama juga dirasakan di MA -MTs Darl Falah Dulolong. Walaupun kegiatan dalam waktu yang singakat karena Pemilihan Ketua OSIM dan Wakil Ketua OSIM diadakan secara singkat. Pada Sabtu (21 Januari 2023), Panitia Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM menyelenggarakan kegiatan pemilihan ketua OSIM dengan di awali dengan beberapa tahapan antara lain, proses pencalonan secara manual dan terjaring 3 calon ketua dan wakil ketua MTs dan 4 calon ketua dan wakil ketua MA OSIM, selanjutnya mereka mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh panitia penyelenggara pemilu yang disebut Komisi Pemilihan Osis (KPO) dan menghasilkan tiga pasangan calon sebagai berikut:

Pasangan Calon Nomor Urut 1 MTs :

  • Taaruf  Alfariji Haris(Calon Ketua Osim)
  • Marjuki Dahlan Leki (Calon Wakil Ketua Osim)

Pasangan Calon Nomor Urut 2 MTs :

  • Moh Usman Djaku (Calon Ketua Osim)
  • Nurul Abdul Halim (Calon Wakil Ketua Osim)

Pasangan Calon Nomor Urut 3 MTs :

  • Abdi Wahyudi Mahmaud (Calon Ketua Osim)
  • Nadinar Muhammad Usman (Calon Wakil Ketua Osim)

Pasangan Calon Nomor Urut 1 MA :

  • Aif Faujan Kamahi(Calon Ketua Osim)
  • Safitra Koda (Calon Wakil Ketua Osim)

Pasangan Calon Nomor Urut 2 MA :

  • Maman Ali (Calon Ketua Osim)
  • Fadila Adangke (Calon Wakil Ketua Osim)

Pasangan Calon Nomor Urut 3 MA :

  • Safitri Koda (Calon Ketua Osim)
  • Fitriyanti Bain (Calon Wakil Ketua Osim)

Pasangan Calon Nomor Urut 4 MA :

  • Salfiyanti M. Tahir (Calon Ketua Osim)
  • Srikandi Obije (Calon Wakil Ketua Osim)

Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIM ini merupakan sebuah proses pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa. Sehingga kedepannya saat menghadapi Pemilu para siswa tidak canggung lagi, karena telah memiliki pengalaman pada saat di madrasah. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan menanamkan sikap jujur dan sportif bagi setiap siswa.

Pemilihan Ketua Osim ini diikuti oleh seluruh siswa - siswi MA dan MTs Darul Falah Dulolong, Setiap  siswa bergantian memberikan hak suaranya  di mulai dari MA-MTs sehingga proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap dapat berjalan dengan baik dan berjalan lancar.

Berdasarkan hasil pemilihan yang dilakukan secara singkat, berdasarkan data masuk pada petugas KPO Pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSIM MA-MTs Darul Falah Dulolong tercatat perolehan suara untuk paslon nomor urut 1 Taaruf  Alfariji Haris dan Marjuki Dahlan Leki sebanyak 27 suara  dan paslon nomor urut 4 MA Darul Falah Dulolong Salfiyanti M. Tahir dan Srikandi Obije  sebanyak 52 suara.

Ketua dan wakil ketua Osim MTs Darul Falah Dulolong 

Ketua dan Wakil Osim MA Dulolong 























"Alhamdulillah, pemilihan ketua OSIS dapat berjalan dengan lancar; tingkat partisipasi ananda juga cukup tinggi,” ungkap Wakamad Kesiswaan Ma Dulolong, dengan membawakan pesan kepada seluruh siswa-siswi MA- MTs Darul Falah Dulolong bahwa tingkatkan terus belajar dan melaksanakan Sholat Dhuha dan Dzuhur  sebagai rutinitas kita setiap hari di Masjid Darul Arqam Bufaita, ungkap Mukhlis Bara.

Kepala MTs Darul Falah Dulolong, Suratmin, S.Ag dalam sambutan sebelum pemilihan mengatakan, bahwa pelaksanaan pemilihan Ketua OSIM periode 2022/2023 ini adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini sehingga nantinya terbiasa dalam menghadapi pemilihan umum di daerah kita ini.

“Hal ini juga perlu dilakukan untuk mengajarkan siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya kepada khalayak ramai,” tambahnya.

“Bagi kandidat yang bersaing diharapkan dapat  menerima apapun hasil yang diperoleh dalam proses pemilihan yang dilaksanakan. Selain itu Ketua OSIM terpilih  diharapkan mampu menjadi sosok yang bisa memimpin dan memberikan contoh yang baik bagi temannya,” harapnya. Kepala Madrasah MTs Darul Falah Dulolong, (Suratmin, S.Ag)

 

Penulis dan Foto : Humas AL-Hikmah

 

Editor : Cahyono Gorang, S.Kom

Posting Komentar

0 Komentar